*TpG9GpG6BSGoTUr5GSM7GfM9Gd==*

25 Software Altrrnatif Dari Google Analytics

25 Software Alternatif Dari Google Analytics Untuk Website dan blog.

Androklik - Google Analytics merupakan web analytic tool yang sangat populer.
 Terlepas dari kemudahan untuk mengaksesnya, Google Analytics juga memiliki keterbatasan.
 Salah satunya adalah kontrol dan risiko migrasi data yang tidak kompatibel antar platform.


 Untuk itu, kamu perlu mengenal kebutuhan data dan analisis secara spesifik yang terkait dengan produk atau layanan yang ditawarkan, sekaligus mengetahui web analytic tool alternatif selain Google Analytics untuk mendapatkan kontrol data yang memadai.

Alternatif Google Analytics

  Sebagai pemilik sebuah situs internet atau bisnis online, kamu membutuhkan pilihan web analytic tool yang dapat memantau dan memprediksi suatu prospek.
 Secara umum, prospek tersebut dapat disimpulkan dari data statistik mobilitas traffic situs yang mencakup visibilitas pengunjung atau pengguna, posisi (lingkup geografis), waktu, dan jejak digital terkait lainnya.

 Informasi tersebut membantu analisis peningkatan kualitas suatu produk atau layanan. Untuk itu, kami akan membagikan 25 alternatif Google Analytics yang dapat melengkapi atau bahkan menggantikan fungsi-fungsinya.

Apakah Google Analytics Mematuhi GDPR?

   Atas kemampuannya sebagai pengumpul data (data collecting) terbesar di dunia, Google Analytics menjadi perhatian global dalam isu General Data Protection Regulation (GDPR).
 GDPR merupakan suatu regulasi perlindungan data umum yang berbeda di setiap negara.

 Pada awal tahun ini, pemerintah Perancis dan Austria mengumumkan bahwa terdapat risiko keamanan data yang signifikan pada platform Google Analytics sehingga rentan disalahgunakan oleh pihak tertentu. Tidak menutup kemungkinan tren potensi pelanggaran GDPR tersebut akan berlanjut di kawasan lain di Eropa.

   Menindaklanjuti isu tersebut, dalam beberapa rilis persnya, Google secara gencar mengumumkan bahwa platform Universal Analytics akan berhenti memproses data baru per-tanggal 1 Juli 2023.

 Pengguna disarankan untuk beralih ke Google Analytics 4 (GA4) yang sudah rilis sejak Oktober 2020.
 Google menyatakan bahwa kepeduliannya dalam beradaptasi dengan dinamika regulasi GDPR global akan diwujudkan secara spesifik melalui platform GA4.
 Google juga mengumumkan bahwa setidaknya pengguna baru GA4 akan membutuhkan lebih dari satu tahun untuk melacak dan mengkonfigurasi metrik yang diminati secara sempurna.

  Kekurangan Google Analytics
Meskipun Google Analytics telah menjadi platform terpopuler, keterbatasan terbesarnya dalam menganalisis perilaku pengguna adalah sebagai berikut:

Baca Juga:

  Pelacakan melalui sistem tag dan event

Google Analytics tidak melacak semua interaksi pengguna (user interactions) secara otomatis. Sebaliknya, kamu akan diminta untuk menyiapkan pelacakan suatu peristiwa (events) melalui perubahan kode atau menu Google Tag Manager.
 Dampaknya, selalu ada jeda antara kebutuhan analisis event tertentu dan mengumpulkan data untuk melakukannya.

Keterbatasan fitur analisis data kualitatif

Google Analytics memiliki keterbatasan pada fitur analisis data kualitatif.
 Dengan kata lain, kamu hanya dapat mengetahui ‘apa’ dan bukan ‘kenapa’.

 Maka akan terjadi suatu gap antara kesimpulan analisis yang membutuhkan kombinasi antara data kuantitatif dan kualitatif.
 Selain itu, analisis dapat terdistorsi karena Google Analytics menyertakan data yang bersumber dari aktivitas internal pengguna dan bot (autonomous system interactions).

Softwate Tools Google Analytics

Apakah Ada Tools Software Alternatif dari Google Analytics?

Untuk mengakomodasi kebutuhan analisis kamu yang dinamis dan beragam, ada beberapa alternatif web analytic tools yang dapat kamu coba.

Berikut 25 Tools Yang Bisa Kamu Coba.

1. Gauges.

   Gauges menawarkan tangkapan komprehensif tentang traffic situs dengan metode attribution modelling.
 Selain mendapatkan visibilitas pengunjung, melacak kinerja marketing campaign, dan menganalisis pendapatan, kamu juga dapat melihat rincian data real-time untuk lokasi tertentu tanpa harus refresh halaman utama.
 Salah satu keunggulan Gauges adalah kemampuannya untuk mendistribusikan informasi ke seluruh tim marketing kamu,

Perkiraan Harga: Mulai dari $6/bulan.

2. Mixpanel

Mixpanel cukup populer digunakan secara virtual oleh segmen marketing perusahaan untuk meningkatkan prospeknya. Kombinasi analisis A/B testing, event-tracking, dan user behavior merupakan kelebihan software ini.
 Tool pelaporan interaktif Mixpanel memudahkan kontrol data, khususnya dalam mengubah metrik penggunaan produk ke dalam laporan yang komprehensif.

 Mixpanel memiliki lima jenis laporan yang antara lain adalah Insights, Funnels, Flow, Retention dan Signals. Semua fungsi pelaporan berdasarkan pengelompokkan pengguna yang perlu kamu buat sebelumnya.

Perkiraan Harga: Paket gratis tersedia, paket berbayar mulai dari $25/bulan.

Baca Juga:

3. Oribi

Oribi memberikan informasi dan tren yang dapat ditindaklanjuti secara komprehensif dalam satu laporan terpusat.
 Secara default, semua tautan dan event dapat dilacak. kamu dapat menyiapkan suatu objektif tanpa menambahkan kode apa pun, sekaligus menerima laporan tentang cara-cara mendorong lebih banyak konversi pengunjung.

  Perkiraan Harga: Paket berbayar mulai dari $540/bulan (ditagihkan per-tahun), Perkiraan Harga berdasarkan jumlah pengunjung. Oribi merekomendasikan agar menghubungi customer service untuk menentukan model paket langganan yang diinginkan.

4. W3counter.

Untuk mengetahui kesehatan traffic situs kamu, W3counter dapat menjadi solusi.
 W3counter menyediakan detail traffic di dasbor. Dengan sistem ini, kamu dapat mengidentifikasi segmen halaman yang paling menarik pengunjung, lebih memahami user behavior, dan melacak jalur kunjungan mereka. Kemudahan navigasi software ini membuatnya banyak dilirik oleh segmen bisnis menengah.

Perkiraan Harga: Paket gratis tersedia, paket berbayar mulai dari $5/bulan.

5. Matomo Analytics.

   Matomo merupakan platform pengujian dan analisis yang berfokus pada privasi.
 Fiturnya menyediakan analytics situs umum yang mencakup objektif dan kampanye, video dan audio, pelacakan kata kunci, A/B testing dan audit online forms.
 kamu juga dapat memperoleh laporan visual, mulai dari analisis situs dan multi-atribusi, hingga peta panas (heat maps) dan kinerja SEO.

   Perkiraan Harga: Gratis jika menggunakan server personal. Paket berbayar via hosting mulai dari €19/bulan.

6. Piwik PRO Analytics Suite

    Piwik PRO Analytics Suite (PPAS) didesain sebagai alternatif Google Analytics yang lebih ramah privasi.
 PPAS ideal bagi sektor yang menangani data sensitif pengguna seperti pemerintah, layanan kesehatan dan keuangan. PPAS dapat menganalisis perjalanan pengunjung di seluruh desktop, smartphone dan intranet.
 Tidak banyak software yang menyediakan pemantauan area aman situs dan beroperasi di bawah aturan keamanan yang ketat.
 PPAS juga menawarkan pelatihan dan konsultasi produk untuk setiap troubleshoot dan tutorial lainnya.

Perkiraan Harga: Paket gratis tersedia, paket enterprise dapat menghubungi PPAS.

7. Plausible.

  Plausible merupakan analytics software yang bersifat open-source.
 Secara sederhana, hal tersebut berarti kode sumber Plausible tersedia dan dapat diakses di GitHub.
 Siapa pun dapat memahami cara kerjanya, memeriksa, membaca, meninjau dan memastikan keamanan datanya.
 Bagi kamu yang tidak menggemari Google Analytics yang closed-source, Plausible dapat menjadi alternatifnya.

Perkiraan Harga: Mulai dari $9/bulan.

8. Optimizely.

   Optimizely merupakan platform yang menyediakan fitur pengujian dan web analytics.
 Fitur-fitur tersebut dilengkapi dengan personalisasi tampilan bagi pengunjung situs.
 Optimizely juga menawarkan eksperimentasi server, dengan kata lain platform ini cocok untuk pengembang suatu produk dan aplikasi.

Perkiraan Harga: Dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

9. Simple Analytics.

   Simple Analytics merupakan versi alternatif Google Analytics yang lebih sederhana.
 Bermodalkan satu dasbor, kamu dapat melihat berapa banyak pengunjung situs web, dari mana mereka berasal, dan apa saja yang mereka navigasi.
 Simple Analytics dapat melacak alamat IP, browser, dan sistem operasi pengunjung tanpa memasang cookie dan piksel pelacakan lainnya.

 Semua aktivitas data collecting dilakukan tanpa harus mengkhawatirkan masalah privasi atau penambahan kode yang memperlambat kinerja situs web.

Perkiraan Harga: Mulai dari €9/bulan.

10. Fathom Analytics

   Fathom dapat menyediakan laporan tentang bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs.
 Secara sederhana namun komprehensif, software ini dapat mengetahui dan mengukur keberhasilan serta kegagalan suatu marketing campaign tanpa bergantung pada pengumpulan data pihak ketiga atau metode pelacakan lainnya.

Perkiraan Harga: Mulai dari $14/bulan.

11. Heap.

  Heap merupakan software yang sangat user-friendly.
 Software ini dirancang bagi segmen user yang kurang paham teknologi sekaligus agar mereka mendapatkan kemudahan akses terhadap advanced analytics untuk situs, aplikasi seluler dan layanan Cloud.
 Konfigurasinya cukup sederhana dan setelah aktif akan secara otomatis melacak interaksi pengguna. Heap juga menawarkan retroactive analytics untuk memeriksa dampak perubahan pada situs atau aplikasi seluler.
 Heap sangat cocok untuk marketing campaign produk online. Heap bahkan menawarkan fitur pengingat “tren mikro” yang berkembang dan mengarahkan untuk selalu siaga atas tren tersebut.

Perkiraan Harga: Paket gratis tersedia, hubungi untuk Perkiraan Harga paket berbayar.

12. Smartlook.

  Smartlook menyediakan analisis user behavior dengan merekam aktivitas pengunjung di situs dan aplikasi atau game smartphone.
 Toolkit-nya menggabungkan analisis kuantitatif dan kualitatif ke dalam fitur yang user friendly. Smartlook dapat memilah (filter) rekam data untuk fokus pada event tertentu.
 Fitur multi-user workspace dan REST API menjadikan Smartlook sebagai software yang layak untuk digunakan oleh perusahaan besar.
 Secara spesifik Smartlook cocok digunakan untuk pangsa Lead dan Customer Analytics.

Perkiraan Harga: Paket gratis tersedia, paket startup mulai dari $39/bulan.

13. Chartbeat.

  Chartbeat memantau dan melacak kinerja konten situs dan menyediakan data real-time.
 Chartbeat juga dapat memantau penyebutan (tags dan mentions) di media sosial.
 Chartbeat mengkhususkan segmen pasarnya di industri media dan penerbitan, namun tetap menyediakan fitur pelayanan analytics lainnya.

 Fleksibilitas cakupan layanannya membuat Chartbeat cocok untuk pangsa Brand Performance Analytics.

Perkiraan Harga: Hubungi untuk informasi paket. Chartbeat hanya menawarkan uji coba gratis.

14. GoSquared.

  GoSquared melacak campaign data points dan pengunjung secara real-time.
 Software ini dapat menunjukkan sumber traffic dan halaman apa yang dilihat pengunjung.
 Hal tersebut menjadi kelebihan tersendiri karena mempermudah segmentasi audiens dan engagement terhadap navigasi pengunjung situs.
 Software ini juga membantu proses penjualan dengan fitur live chat, team inbox dan built-in customer relationship management (CRM).

Perkiraan Harga: Mulai dari £9/bulan.


Type above and press Enter to search.